Sign In

Blog Wisata

Terbaru
10 Destinasi Wisata Di Kabupaten Ciamis Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Panjang, Simak Yuk!

10 Destinasi Wisata Di Kabupaten Ciamis Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Panjang, Simak Yuk!

visitciamis.com. Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis 29 Juni 2023. Penetapan hari raya juga disertai keputusan libur dan cuti bersama yang tertuang dalam SKB 3 Menteri tertanggal 16 Juni 2023.

Dalam SKB yang ditanda tangani 3 Menteri tersebut ditetapkan jadwal libur dan cuti Hari Raya Idul Adha dengan total 3 hari. Libur Idul Adha sendiri jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 dan cuti bersama tanggal 28 dan 30 Juni 2023.

Libur dan cuti bersama pada Hari Raya Idul Adha tahun ini juga bersamaan dengan waktu libur semester genap sekolah. Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mengajak anak-anaknya berlibur melepas lelah pembelajaran.

Banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi libur panjang Idul Adha dan libur sekolah. Selain obyek wisata yang sudah hits dan sering dikunjungi, Kabupaten Ciamis bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang ingin mencoba sensasi baru berwisata.

Mengapa harus Ciamis?. Bagi yang belum tahu, Ciamis menyimpan destinasi wisata alam yang eksotis, wisata sejarah dan budayanya yang menarik serta wisata buatan yang unik. Selain destinasi wisata, kota ini juga menawarkan kuliner yang menggugah selera.

Khusus edisi libur Idul Adha dan sekolah kali ini, visitciamis.com merekomendasikan 10 destinasi wisata di Kabupaten Ciamis yang bisa dikunjungi. Simak yuk!

1. Tirta Sumber Jaya Cipangalun

Obyek wisata pertama yang harus masuk bucket list yaitu Tirta Sumber Jaya Cipangalun. Tempat ini terletak di Desa Jalatrang dan menjadi waterboom primadona di Kabupaten Ciamis. Statemen tersebut memang bisa dibuktikan dengan fasilitas yang dimiliki obyek wisata satu ini.

Tirta Sumber Jaya Cipangalun menyajikan wahana bermain air yang terdiri dari kolam renang dewasa, kolam air mancur, ember tumpah, prosotan, kolam arus dan water splash. Fasilitas lainnya di tempat ini adalah Kedai Duren yang menawarkan berbagai makanan dan minuman sehingga tidak khawatir kelaparan.

2. Kampung Bungur

List kedua yang wajib dikunjungi adalah Kampung Bungur. Lokasinya berada di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku berdekatan dengan Tirta Sumber Jaya Cipangalun. Obyek wisata ini meawarkan pengalaman wisata argow dan Β edukasi yang asik untuk dijelajahi.

Wisatawan bisa menikmati wisata edukasi peternakan, perikanan dan pertanian seperti villa ayam, villa sapi, villa domba, warung hidup, lumbung hidup, apotek hidup, Β pupuk organik, sayuran petik sendiri, saung bibit, saung leuit dan kedai kampung bungur.

Kampung Bungur memiliki tradisi unik ketika wisatawan datang di lokasi. Pengelola akan mengajak wisatawan untuk mengikuti tradisi oray-orayan dengan iringan musik sampai masuk ke lokasi. Tempat ini juga memiliki tagline “ulin sapuasna, mayar saikhlasna” yang artinya main sepuasnya, bayar seikhlasnya.

3. Mini Ranch Sapi Pasundan

Selanjutnya ada Mini Ranch Sapi Pasundan yang tidak boleh terlewatkan. Tempat ini merupakan sarana pengembangan Sapi Pasundan yang ada di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri. Mini Ranch cocok untuk liburan keluarga karena wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan aktivitas sapi yang berkeliaran bebas.

Selain itu, wisatawan juga disuguhkan dengan wisata edukasi memberi makan sapi, belajar ternak sapi dan banyak lagi. Mini Ranch Sapi Pasundan menawarkan juga permainan outbound yang seru bagi anak-anak seperti flying fox, jungkat-jungkit, ayunan, jaring laba-laba hingga sewa atv.

4. Cadas Ngampar

Lokasi berikutnya yang harus banget dikunjungi yaitu Cadas Ngampar yang loksinya berada di Desa Gunungsari. Mengapa harus berkunjung ke sini, salah satu alasannya adalah wisatawan bisa menikmati aliran air sungai yang segar dan jernih serta mengakir langsung dari Gunung Sawal.

Cadas Ngampar menawarkan wisata bermain air dan berenang di aliran sungai. Selain itu, tempat ini juga sudah menyediakan fasilitas seperti gazebo, warung makan dan lainnya. Untuk makanannya sendiri, Cadas Ngampar menawarkan menu burung puyuh yang menjadi andalan.

5. Curug 7 Cibolang

Curug 7 Cibolang adalah satu dari sekian banyak obyek wisata air terjun yang ada di Kabupaten Ciamis tepatnya di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu. Tempat ini menawarkan aktivitas wisata minat khusus yang perlu persiapan matang.

Aktivitas yang bisa dinikmati di tempat ini sangat banyak dan pastinya tidak akan membosankan. Selain menikmati kenindahan air terjun, di tempat ini juga bisa demanfaatkan untuk camping, soft tracking, bersantai di kolam atau hanya sekedar menikmati kopi dibawah pohon pinus.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisa berwisata dengan tenang dan nyaman di Curug 7 Cibolang diantaranya datang di pagi hari, membawa baju ganti dan jas hujan atau payung, datang bersama keluarga dan teman tercinta serta tetap waspada dan selalu berhati-hati.

6. Bukit Sampalan Asri

Tempat selanjutnya yang direkomendasikan adalah Bukit Sampalan Asri atau lebih dikenal dengan nama BSA. Obyek wisata ini menjadi primadona baru tujuan wisata warga Ciamis atau luar kota yang berada di kaki Gunung Sawal, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti.

Bukit Sampalan Asri menawarkan suasana yang cocok untuk mencari ketenangan. Disamping itu, BSA juga menyediakan fasilitas seperti play ground dan kolam anak, spot selfie instagramable, gazebo, warung dan coffee shop.

7. Saung Abah Apud

List selanjutnya rekomendasi tempat wisata di Ciamis adalah Saung Abah Apud yang lokasinya berada di Dusun Ancol, Desa Sindangkasih. Obyek wisata satu ini mengusung konsep wisata rekreasi dan edukasi bagi anak-anak untuk mengenal beragam satwa unik dan merasakan sensasi wisata seperti di luar negeri.

Saung Abah Apud juga dikenal sebagai kebun binatang mini karena menyimpan koleksi satwa seperti reptil, unggas, domba dan ikan yang dipamerkan kepada wisatawan. Obyek wisata ini juga menawarkan aktivitas wisata seperti memberi makan binatang, berfoto dengan satwa hingga berenang.

Untuk fasilitasnya, Saung Abah Apud menyediakan restoran, gazebo, tempat makan outdoor, kolam renang dan banyak lagi.

8. Kampung Madu Banjaranyar

Kampung Madu Banjaranyar berlokasi di Dusun Sindangasih, Desa Banjaranyar banyak membudidayakan jenis lebah lokal. Sedikitnya ada 10 spesies lebah yaitu lebah trigona, itama atau teuweul, leviset, lebah hutan atau Odeng, lebah matahari, nyiruan dan berbagai jenis lainnya yang belum diketahui.

Obyek wisata yang satu ini menawarkan wisata edukasi lebah dimana wisatawan bisa mengetahui jenis-jenis lebah, cara hidup, waktu panen hingga menyedot madu langsung dari sarangnya. Untuk fasilitas, Kampung Madu Banjaranyar sekarang sudah memiliki breeding center yang dikelola langsung masyarakat lokal dibawah arahan dari Dishut Jawa Barat.

9. Sukahaji Waterboom

Sukahaji Waterboom berlokasi di Jl.Raya Cihaurbeuti, Desa Sukahaji Kecamatan Cihaurbeuti menawarkan view Gunung yang memanjakan mata selain wisata edukasi dan Air. Tempat ini berkomitmen dalam melayani pengunjung dengan selalu menjaga kualiatas air yang baik dan fasilitas yang memadai serta bersih.

Selain wisata kolam renang dan waterboom, Sukahaji Waterboom juga menawarkan aktivitas outbound, layanan psikologi, sarana edukasi rumah sampah, rumah kertas dan banyak lagi. Obyek wisata inipun harus masuk bucket list libur panjang kali ini.

10. Situ Wangi

Bucket list terakhir yang harus dikunjungi adalah Situ Wangi yang berlokasi dei Desa Winduraja, Kecamatan Kawali. Danau ini menawarkan aktivitas wisata yang asyik bersama keluarga karena banyak fasilitas pendukung yang bisa digunakan.

Wajah baru Situ Wangi yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti joglo atau saung yang menghiasi tepi danau, lokasi garden party, anjungan, area kuliner, mini gallery, jogging track amphiteater terbuka serta villa yang bisa di sewa untuk bermalam.

Satu hal yang paling menarik adalah menara selfie yang menjulang tinggi. Ini menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk menuntaskan rasa penasarannya berfoto selfie di atas menara dengan latar situ yang indah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *