Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Bijak Berwisata Saat Libur Lebaran, Ini Yang Harus Dilakukan!

Bijak Berwisata Saat Libur Lebaran, Ini Yang Harus Dilakukan!

Berwisata adalah salah satau kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari yang menyangkut aspek psikologis setiap individu. Kebutuhan akan kegiatan rekreasi menjadi hal yang harus diwujudkan demi membahagiakan diri.

Mengunjungi tempat wisata, tentu kita tidak bisa keluar dari aturan-aturan yang melindungi tempat wisata, apalagi setelah adanya wabah covid-19 peraturan di setiap destinasi pun ikut terdampak. Maka dari itu, sebagai wisatawan yang baik harus bisa untuk bijak dalam mengikuti aturan.

Adanya peraturan di tempat wisata adalah sebagai upaya menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan saat menikmati liburan. Namun terkadang masih banyak beberapa oknum yang melanggar aturan tersebut. Alhasil banyak wisatawan yang tidak nyaman dan aman berada di lingkungan tersebut.

Menjelang libur panjang lebaran Idul Fitri tahun ini, visitciamis.com mengajak untuk bijak berwisata dengan mematuhi aturan-aturan sebagai berikut sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan berwisata. Berikut tips yang harus dilakukan wisatawan saat berwisata di destinasi.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Kebersihan adalah salah satu faktor keberhasilan dari suatu pengelolaan destinasi wisata. Indikator yang harus ditempuh bagi siapa saja yang ada dalam destinasi dimaksud salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya.

Keadaran membuang sampah harus benar-benar ditanamkan setiap individu wisatawan. Selain itu, pihak pengelola destinasi juga harus sudah siap untuk memfasilitasi pembuangan sampah saat wisatawan melakukan aktivitas wisata.

Kondisi satu tempat wisata yang bersih akan membuat wisatawan yang datang merasa nyaman dan lebih bisa menikmati kegiatan wisata nya.

2. Menjaga Fasilitas Pendukung Berwisata

Adanya fasilitas di tempat wisata ini untuk membantu terciptanya kenyamanan serta keamanan di tempat wisata. Jadi sudah jelas tidak diperkenankan bagi pengunjung untuk merusak fasilitas, termasuk fasilitas-yang disiapkan khusus untuk pengunjung yang difabel yang membantu mereka semakin nyaman berwisata.

Rusaknya fasilitas akan sangat merugikan banyak orang termasuk didalamnya wisatawan dan pengelola itu sendiri. Sebagai wisatawan yang bijak, maka gunakanlah fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin agar tercipta kenyamanan saat berwisata

3. Mengabadikan Momen dengan Baik dan Benar

Peraturan di tempat wisata yang satu ini biasanya ada di tempat-tempat khusus seperti museum atau yang lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat banyak barang-barang yang bernilai seni tinggi di museum yang memang tidak boleh ditontonkan untuk umum.

Berwisata tanpa melakukan kegiatan fotografi memang terasa kurang dan tidak lengkap. Namun tidak semua tempat tidak diperbolehkan untuk memotret, biasanya hanya ruangan atau tempat tertentu saja. Selain itu ada juga beberapa tempat wisata yang memperkenankan memotret dengan membayar karcis terlebih dahulu.

4. Bersikap Tenang dan Tidak Membuat Gaduh

Tujuan liburan dengan mengunjungi tempat wisata ialah untuk melepaskan stres dan menikmati hal-hal yang disuguhkan di tempat tersebut dengan tenang. Bersenda gurau dengan teman atau keluarga memang sudah lazim di tempat wisata, namun jika berlebihan dapat mengganggu pengunjung lainnya.

Jadi tertawa dan bercandalah sesuai dengan batasan agar tidak mengganggu pengunjung yang lainnya. Saling menghormati sesama wisatawan sangatlah dianjurkan, sehingga wisatawan lain dapat menikmati keindahan tempat wisata bersama.

5. Tidak Berbuat Asusila

Kemandirian dan kesadaran akan tempat umum dan tempat privasi terkadang belum bisa di bedakan seutuhnya, apalagi jika sampai disana terjadi hal yang tidak senonoh. Terkadang masih banyak oknum yang melakukan tindakan asusila di tempat wisata.

Tindakan tersebut membuat wisatawan lain yang terganggu dan merasa tidak nyaman. Peraturan yang tegas serta penindakan yang keras terhadap oknum tersebut harus ditegakan di setiap destinasi wisata karena jika tidak akan sangat merugikan banyak pihak.

6. Mematuhi Protokol Kesehatan

Wabah covid-19 menyebabkan segala aktivitas yang bersinggungan langsung dengan individu lain dibatasi. Pemerintah dengan lantang menyuarakan untuk mematuhi protokol kesehatan apalagi di suatu tempat wisata yang banyak didatangi orang.

Formula penanganan Covid-19 sudah di tempuh, namun belum semua orang sudah terjangkau. Dalam hal ini, sebagai wisatawan yang baik harus memperhatikan anjuran pemerintah setidaknya sampai vaksin dosis 2 apalagi jika punya kesempatan untuk antigen secara rutin.

Di tempat wisata juga ini harus di dukung dengan adanya pengukur suhu tubuh, tempat mencuci tangan dengan disediakan sabun dan santitasi yang baik serta didukung dengan memakai masker dan menjauhi kerumunan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.