Sign In

Blog Wisata

Terbaru
10 Tempat Wisata di Ciamis Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

10 Tempat Wisata di Ciamis Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Ciamis merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yang bisa dijadikan salah satu tempat alternatif untuk berlibur bersama keluarga maupun kerabat dekat. Terlebih lagi, libur lebaran hari raya Idul Fitri, Hal ini menjadi waktu yang tepat bagi masyarakat untuk pulang kampung.

Bagi sobat wisata yang berencana mudik ataupun ingin berlibur di kawasan Ciamis, tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata menarik. Kali ini visitciamis.com membagikan beberapa tempat wisata populer dan terhits di Ciamis, yang bisa kalian kunjungi.

1. Situ Lengkong Panjalu

Berada di Kecamatan Panjalu Ciamis, Situ Lengkong Panjalu merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah. Situ ini memiliki luas lebih dari 60 Ha dan terdapat dataran ditengahnya yang dinamakan nusa larang.

Jika mengunjungi tempat ini, sobat wisata bisa menaiki wahana perahu atau sepeda air dan kayak arus tenang yang sudah tersedia. Selain aktifitas dengan menggunakan wahana, sobat wisata juga bisa berburu foto yang instagramable bersama keluarga.

Dari pusat Kota Ciamis, sobat wisata memerlukan waktu sampai dengan 1,5 jam untuk sampai di Situ Lengkong karena memang lokasinya berada di ujung utara Kabupaten Ciamis dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum melewati jalur Ciamis-Kawali.

Untuk harga tiket masuknya hanya Rp. 5.000 per orang. Adapun fasilitas lain yang bisa sobat wisata dapatkan ketika berkunjung ke Situ Lengkong ini antara lain adalah parkiran yang luas, toilet, masjid dan wisata belanja.

Selain wisata ziyarah, Situ Lengkong juga cocok untuk dijadikan tempat untuk makan bersama keluarga karena menyuguhkan udara yang sejuk dengan panorama danau yang cantik.

2. Wisata Alam Cireong

Tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya di Ciamis, Cireong juga sangat bisa memenuhi hasrat berlibur sobat wisata saat lebaran. Wisata Alam Cireong adalah suatu hulu aliran sungai yang merupakan hulu dari Sungai Cireong.

Air sungai yang jernih adalah hasil karya alam Gunung Sawal yang merupakan gunung purba. Cireong menawarkan wisata yang bakal memanjakan sobat wisata, karena jika berkunjung kesana sobat wisata bisa merasakan keindahan dan kesejukan alam.

Wisata Alam Cireong terletak di kaki Gunung Sawal, tepatnya di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai disana jika sobat wisata mengawali perjalanan dari pusat Kota Ciamis yaitu sekitar 40 Menit perjalanan menggunakan Jl. Rancamaya.

Untuk harga tiketnya sendiri, Wisata Alam Cireong hanya membandrol Rp. 10.000 per orang. Adapun fasilitas yang ada seperti kolam renang, spot selfie, tempat meeting dan penginapan itu memerlukan biaya tambahan yang terjangkau.

Sobat wisata juga tidak bakal bingung mencari makanan, karna disana sudah disediakan warung-warung maupun paket makanan dengan harga pas di kantong.

3. Situ Wangi

Obyek Wisata Situ Wangi merupakan danau indah berada yang berada di Kecamatan Kawali, tepatnya di Desa Winduraja yang menawarkan wisata dengan fasilitas yang masih baru. Tempai ini baru selesai di renovasi pada tahun 2021.

Luas danau yang terbentang di tempat dengan luas mencapai 5ha memiliki cerita sejarah yang menarik. Bagi sobat wisata yang ingin berwisata di Situ Wangi, jarak yang harus di tempuh dari pusat Kota Ciamis mencapai 24 km dengan waktu tempuh 50 menit.

Dengan tiket masuk yang dibayarkan, sobat wisata bisa menikmati suasana libur lebaran di danau yang sejuk, menggunakan fasilitas yang tersedia seperti menara selfie dimana menyuguhkan pemandangan yang instagramable.

Fasilitas lainnya yang tersedia di sana adalah gazebo, warung, wedding venue, cottage dan masjid dengan tempat parkir yang cukup.

4. Waterboom Tirta Sumber Jaya

Tirta Sumber Jaya adalah salah satu waterboom terbesar yang ada di Kabupaten Ciamis yang terletak di Desa Jalatrang. Tempat wisata yang satu ini menjadi primadona wisata bermain air dan cocok dikunjungi bersama keluarga pada momen lebaran kali ini.

Sobat wisata yang hendak berkunjung kesini harus menempuh jarak -+13 KM menggunakan Jl. Raya Kawali dilanjutkan memasuki Jl. H. Nurjamil dengan waktu tempuh hanya 30 menit saja.

Tiket masuk seharga Rp. 25.000 per orang, sobat wisata akan disuguhkan dengan wahana bermain air yang terdiri dari kolam renang dewasa, kolam air mancur, ember tumpah, prosotan dan kolam arus air. Terbaru dari tempat ini adalah water splash. 

Fasilitas pendukung lainnya yang bisa sobat wisata manfaatkan adalah mushala, aula, Kedai Duren Sumber Jaya yang menyediakan makanan serta warung.

5. Jati Sewu Cibungbang

Tempat wisata buatan yang letaknya tak jauh dari Tirta Sumber Jaya Cipangalun, yaitu di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku. Sobat wisata yang berencana pergi ke tempat ini sangat cocok jika mengajak keluarga mengisi waktu libur lebaran.

Jati Sewu Cibungbang memiliki kolam renang anak dan dewasa yang bersumber dari mata air cibungbang. Di tempat ini juga sobat wisata bisa mencoba bermain archery, kayak, paitball dan bermain angklung.

Selain aktifitas wisata diatas, Jati Sewu Cibungbang juga menawarkan homestay, wahana berkemah dan tempat ngopi yang diberi nama Kopi Djati yang sangat cocok dikunjungi malam hari. Jadi, jika sobat wisata berkunjung ke sini bersama keluarga, banyak aktifitas wisata yang bisa di coba.

Harga tiket masuk ke Jati Sewu Cibungbang sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 15.000 per orang untuk hari kerja dan Rp. 20.000 untuk hari libur. Bagi yang ingin ngopi, sobat wisata hanya perlu datang jam 14.00 WIB dan membayar Rp. 3.000 untuk parkir saja.

6. Hutan Pinus Darmacaang

Melipir dari hiruk pikur suasana kota adalah pilihan terbaik, meskipun pada saat lebaran tempat-tempat wisata pasti akan ramai. Tapi setidaknya, ditengah keramaian orang yang sedang jalan-jalan, sobat wisata bisa merasakan sejuknya udara hutan pinus.

Pinus Darmacaang adalah pilihan tepat untuk berwisata jauh dari perkotaan dengan akses yang mudah dilewati meskipun letaknya ada di ujung kampung. Tempat ini berlokasi di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng dengan waktu tempuh 45 menit.

Bagi sobat wisata yang mempunyai keinginan untuk pergi ke tempat ini bersama keluarga, waktu terbaik berkunjung adalah pagi sampai siang hari. Sobat wisata bisa melakukan aktifitas wisata yang beragam seperti menyewa hammock atau sekedar berselfie. Tempat ini juga paling direkomendasikan untuk kemping ceria.

Adapun fasilitasnya seperti spot foto yang instagramable, penyewaan tenda, penyewaan Hammock, toilet dan mushala serta beberapa warung makan yang menyediakan pembuatan nasi liwet sesuai pesanan.

7. Kampung Teratai

Wisata Kampung Teratai berada di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas tepatnya di Jalan Bojong Salawe Cimaragas. Tempat wisata yang satu ini juga sedang hits karena banyaknya spot foto yang instagramable.

Tempat wisata yang dikenal karena banyaknya bunga teratai yang tumbuh di lokasi memberikan pemandangan yang menarik mata.

Aktifitas wisata yang ditawarkan Kampung Teratai antara lain adalah berselfie ria, mencoba wahana sepeda air, ayunan, dan lorong bambu serta wahana lain. Untuk menuju ke lokasi cukup mudah karena letaknya tidak jauh dari pinggir jalan dengan waktu tempuh 30 menit saja.

Asapun fasilitas yang ada disana yaitu gazebo, warung makan dan cafe yang siap melayani sobat wisata.

8. Mini Ranch Sapi Pasundan

Menikmati pamorama alam yang indah di titik paling utara Kabupaten Ciamis tentunya di Mini Ranch Sapi Pasundan yang lokasinya berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri. Di tempat ini terdapat peternakan sapi sekaligus tempat wisata edukasi.

Mini Ranch adalah sebuah peternakan sapi pasundan yang dibangun diatas lahan seluas -+ 10Ha dengan sistem peternakan yang terbilang unik dan masih jarang di Jawa Barat. Bagaimana tidak, sobat wisata akan melihat puluhan sapi dilepas liarkan dan mencari makan mandiri.

Bagi sobat wisata yang ingin berkunjung ke tempat ini memang memerlukan perjuangan lebih karena jaraknya yang cukup jauh dengan waktu tempuh 1,5 Jam dari pusat Kota Ciamis melalui Jl. Raya Kawali dilanjutkan ke Jl. Raya Panjalu dan masuk ke Jl. Nusasireum.

Sobat wisata bakal disuguhkan dengan panorama alam yang luar biasa, mempelajari aktifitas sapi serta memberi makan sapi secara langsung. Yang unik di tempat ini, sapi yang dipelihara bisa dipanggih dengan siulan perawatnya.

Adapun fasilitas yang ditawarkan adalah warung, mushola dan toilet.

Sumber : Youtube BP2D

9. Wisata Alam Cadas Ngampar

Menikmati suasana alam pegunungan yang asri dan sejuk di Kabupaten Ciamis, sobat wisata bisa dapatkan dengan mengunjungi Cadas Ngampar yang lokasinya berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya.

Cadas Ngampar adalah satu dari sekian banyak destinasi wisata alam yang ada di Ciamis yang wajib masuk bucket list sobat wisata dalam mengisi libur lebaran. Tempat ini menawarkan wisata bermain air di aliran sungai dengan ai yang bersih dan segar yang bersumber langsung dari Gunung Sawal.

Letak dari Wisata Alam Cadas Ngampar sangat mudah ditemukan, karena persis di pinggir jalan. Dari pusat Kota Ciamis, sobat wisata memerlukan waktu 30 menit untuk sampai di lokasi. Rute yang perlu ditempuh antara lain melewati Jl. Sadananya dilanjutkan melalui Jl. Gunungsari.

Dengan hanya membayar Rp. 3.000, sobat wisata bisa menikmati aktifitas wisata bermain air dan berenang. Selain itu, Cadas Ngampar juga menyuguhkan spot selfie yang instagramable dengan latas Gunung Sawal.

Adapun fasilitas yang ditawarkan adalah gazebo yang lengkap dengan penjual makanan, warung, tempat parkir, mushala dan toilet.

10. River Tubing

Mengisi waktu libur lebaran dengan berwisata ke River Tubing menjadi alternatif pilihan wisata yang menantang adrenalin. River Tubing ini berada di Dusun Sedekan, Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya. Kebanyakan orang lebih mengenal aktifitas wisata yang satu ini dengan nama River Tubing Sedekan.

River tubing adalah aktivitas wisata yang dilakukan di medan sungai, aliran irigasi, dan sungai yang mengalir di dalam gua dengan alat yang digunakan adalah ban karet. Wisata seperti ini akan memacu adrenalin dengan tantangan yang ditawarkan.

Untuk menuju ke lokasi River Tubing Sedekan, sobat wisata hanya memerlukan waktu 15 menit untuk sampai di lokasi melalui Jl. Bojonghuni. Setelah sampai di parkiran, sobat wisata harus berjalan melewati gang kecil untun sampai di rumah pengelola.

Dengan uang Rp. 15.000 per orang, sobar wisata sudah bisa menikmati wisata river tubing mengarungi sungai sepanjang 2,5 km lengkap dengan pelampung dan helm. Untuk satu rombongan terdiri dari 10-12 orang dalam satu kali perjalanan.

Sobat wisata juga tidak perlu khawatir akan keselamatan, karena selain menggunakan safety tools juga didampingi oleh pemandu yang profesional.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.