Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Logo Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380, Makna Serta Link Download

Logo Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380, Makna Serta Link Download

Pemerintah Kabupaten Ciamis telah resmi menetapkan logo dan tema peringatan hari jadi ke-380. Penetapan Logo Hari Jadi Ciamis ini ditetapkan dalam rapat persiapan yang dipimpin oleh wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra beserta staf ahli dan para Kepala OPD Lingkup Pemerintahan Kabupaten Ciamis.

Peringatan hari jadi ke-380 ini mempunyai slogan “Galuh Nanjeur Ciamis Tangguh” serta tema yang diusung adalah “Dengan semangat hari jadi ke-380, Ciamis sinergis tuntaskan pandemi, sejahtera untuk semua”

Adapun logo yang dipilih menampilkan angka 380 dengan berbagai macam warna, desain, simbol-simbol serta aksen yang identik dengan Galuh dan Kabupaten Ciamis.

Makna Logo Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380

Logo hari jadi tahun ini terdiri dari berbagai unsur yang melambangkan Galuh, Kabupaten Ciamis serta simbol perlawanan terhadap pandemi Covid-19. Pemilihan warna yang tepat dipadukan dengan aksen yang ciamik menjadikan logo ini sangat representatif.

Berikut ini visitciamis.com jabarkan makna yang terkandung dalam Logo Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380.

Logo Hari Jadi 380
Makna Logo hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380 (Karya : Elzetdesain/rcn)

A. Elemen Bangunan

  1. Tugu Bunga Raflesia Arnoldi : Melambangkan bunga langka yang pernah ditemukan di Kabupaten Ciamis dan dijadikan ikon yang dibangun ditengah-tengah Alun-alun Ciamis.
  2. Tugu Atlit ‘Si Obor’ : Melambangkan kebangkitan olahraga Kabupaten Ciamis yang diartikan semangat yang membara tanpa kenal lelah.
  3. Gapura Selamat Datang : Ikon yang menjadi tanda memasuki kawasan Kabupaten Ciamis.

B. Simbol-simbol

  1. Pusaka Kujang : Perkakas khas Jawa Barat yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. 
  2. Kembang Cakra Rahayu Kancana: Simbol kegaluhan yang melambangkan pemimpin yang membawa keselamatan dan kejayaan terdiri dari lingkaran yang berarti buana atau alam dunia, bunga teratai dimaknai sebagai sistem tatanan pemerintahan dan empat garis bunga yang memiliki arti empat unsur alam serta empat penjuru mata angin yang dipusatkan ditengah persimpangan garis dengan arti pusat peradaban dunia.
  3. Tekstur Gunung Bongkok : Simbol kekayaan alam pegunungan yang dimiliki Kabupaten Ciamis dan dijadikan logo kabupaten.
  4. Gelombang Air : Simbol kekayaan sumber daya air yang menghidupi masyarakat Kabupaten Ciamis dibuktikan dengan banyaknya aliran sungai yang bersumber dari Gunung Sawal serta danau atau situ yang tersebar di berbagai daerah.
  5. Masker : Simbol perlawanan terhadap wabah penyakit Covid-19 juga sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama di masa pandemi.

C. Arti Warna

  1. Ungu : Daya imajinasi, keimanan dan kesatuan lahir batin
  2. Kuning : Optimis, keceriaan dan penuh harapan
  3. Jingga : Budaya, inovasi, semangat pembaruan dan keterbukaan
  4. Hijau : Kreatifitas, natural, ramah lingkungan dan kesuburan
  5. Biru : Kedamaian, kesemestaan dan kepercayaan

Link Download Logo dan Spanduk

https://drive.google.com/drive/folders/18-tJSXI7sKMoA2dcmX55oWUHYW_zGBzZ?usp=sharing

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.