Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Acara Ngarak Pataka di 5 Eks Kawedanaan Sukses, Pengujung Hingga Puluhan Ribu!

Acara Ngarak Pataka di 5 Eks Kawedanaan Sukses, Pengujung Hingga Puluhan Ribu!

Rangkaian acara Ngarak Pataka dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 380 sukses dilaksanakan selama lima hari beruntun mulai 04 Juni 2022 sampai dengan 09 Juni 2022. Konsep acara yang lain dari biasanya telah menumbuhkan antusiasme warga dalam memeriahkan peringatan hari jadi.

Kemeriahan Ngarak Pataka tidak hanya dirasakan jajaran pemerintahan saja, setiap harinya masyarakat menyambut riang pataka yang diarak. Ini membuktikan antusias masyarakat dalam menyambut peringatan hari jadi setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

Peringatan hari jadi selalu dipusatkan di ibu kota kabupaten dan dilaksanakan secara virtual. Tahun ini bisa dilaksanakan di 5 eks kawedanaan dengan maksud agar bisa memecah kerumunan masyarakat yang antusias menyambut peringatan hari jadi.

Kolaborasi antar unsur pemerintahan terutama Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Ciamis dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis yang didukung penuh Bupati Ciamis menghasilkan acara meriah.

Selama lima hari, pengunjung yang datang tidak kurang dari 2.000 orang setiap harinya. Bagaimana tidak, rangkaian acara yang berlangsung memang berhasil menarik minat masyarakat untuk datang dan menyaksikan pertunjukan seni.

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya M.M. ikut terlibat dalam rangkaian acara Ngarak Pataka yang dilaksanakan di 5 Eks Kawedanaan. Beliau terlihat bangga dan menikmati setiap acara yang ditampilkan, apalagi bisa lebih dekat dengan masyarakat.

“Kita tegaskan bahwa Ciamis ini milik masyarakat bukan milik sekelompok orang, apalagi dilaksanakan di pusat kota seolah-olah hari jadi hanya milik pejabat dan milik orang Kota Ciamis. sementara orang yang jauh dari kota tidak bisa menikmati peringatan hari jadi”. Ujar Herdiat.

Pengisi Acara Ngarak Pataka pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 380

Prosesi sakral dengan membawa simbol kebanggaan Kabupaten Ciamis singgah di 5 Eks Kawedanaan yaitu di Kecamatan Pamarican, Kecamatan Rajadesa, Kecamatan Lumbung, Kecamatan Sukamantri dan Kecamatan Cikoneng menghasilkan cerita baru pada peringatan hari jadi.

Dua tahun dilanda pandemi Covid-19, Kabupaten Ciamis dengan bangga mengikrarkan kebebasan dari belenggu penyakit dengan mengadakan acara yang spektakuler dan bisa menghibur seluruh lapisan masyarakat.

Pengisi acara yang diundang pun dapat memberikan tontonan yang menarik bagi masyarakat setiap harinya, apalagi saat menjelang malam hari dimana acara dimulai dengan suguhan-suguhan yang dapat memanjakan mata.

Adalah Yujeng OVJ, Aep Bancet, Mak Apay, Godi Suwarna yang bergantian menghibur masyarakat dibarengi dengan sajian musik dari Daya Putra Galuh yang menandakan awal dari kemeriahan peringatan hari jadi setiap harinya.

Bukan hanya itu, penampilan kesenian lokal seperti bebegig, ronggeng gunung, hadroh juga band lokal Ciamis yaitu Armonia In The Sky, Masterplan, Godbless menambah keseruan Ngarak Pataka pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 380.

Tak hanya itu, pameran hasil karya petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan pada Peringatan Hari Krida Kabupaten Ciamis ke 50 juga ikut andil mengisi kameriahan acara yang ditayangkan secara live streaming melalui Youtube BP2D Ciamis dan Diskominfo Ciamis.

Ikut Meriahkan Peringatan Hari Jadi dengan Mengupload Twibbon https://www.twibbonize.com/harijadiciamis380. Galuh Nanjeur Ciamis Tangguh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.