Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Belajar dan Berwisata di KTH Bina Lestari

Belajar dan Berwisata di KTH Bina Lestari

Banjaranyar merupakan sebuah desa di Kabupaten Ciamis yang dijuluki Kampung Madu. Hampir semua warganya membudidayakan lebah, sehingga warga masyarakat desa dapat memanfaatkan sebagai bentuk mata pencaharian serta sebagai aset bagi desa.

Potensi sebagai Kampung Madu berada di Dusun Sinar Asih dan Karang Legok yang terletak didaerah perbukitan. Sedikitnya, 10 species di budidayakan disana. Lebah trigona, itama, leviset, lebah hutan, lebah matahari, nyiruan serta jenis lain yang belum diketaui sebagai contok diantaranya.

Warga masyarakat Kampung Madu ini terbentuk dalam sebuah Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Lestari yang beranggotakan sebanyak 96 orang. Produksi madu yang dihasilkan sekitar 50-90 kg/bulan dari 1.500 stup yang tersebar di sekeliling jalan desa dan halaman rumah warga. Kualitasnya pun sangat baik karena pakan alami yang di dapatkan dari sekitar desa.

KTH Bina Lestari melakukan inovasi untuk mengenalkan dan memajukan destinasi wisata ke khalayak luas. Ini dibuktikan dengan adanya wisata sedot madu langsung dari sarangnya. Madu yang bisa di sedot langsung dari sarangnya adalah jenis madu lebah trigona itama, dimana jenis lebah tama tidak agresif dan tidak berbisaa, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir diserang kawanan lebah ketika menyedot madu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.