Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Dinas Pariwisata Kab. Ciamis Gandeng OYO Kembangkan Homestay di Desa Wisata

Dinas Pariwisata Kab. Ciamis Gandeng OYO Kembangkan Homestay di Desa Wisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis melaksanakan pertemuan bersama OYO Indonesia dengan mengundang Pokdarwis Kabupaten Ciamis (16/2). Pertemuan ini dilaksanakan dengan tujuan agar homestay/hotel di Ciamis bisa terdaftar pada aplikasi OYO sebagai upaya promosi dan peningkatan program wisata di Kabupaten Ciamis.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis menyampaikan bahwa OYO yang bekerja sama dengan pemerintah dapat melakukan pemasaran digital homestay/hotel secara maksimal. Dan dengan adanya peran dari Pokdarwis, diharapkan Pokdarwis dapat membuat serta mengelola homestay di setiap objek wisata/desa wisata dengan fasilitas yang baik.

“Di era digitalisasi ini, ekosistem wisata harus masuk ke digital melalui berbagai bentuk/media. Pada saat ini pun telah terjadi pergeseran dari mass tourism ke experience tourism. Ciamis memiliki keempatan untuk menangkap mobilitas wisatawan yang orientasinya ke experience tourism” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia saat membuka pertemuan.

“Dengan kehadiran Pokdarwis, diharapkan dapat melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait homestay untuk mendukung kegiatan pariwisata. Agar homestay yang ada di desa bisa dikenal lebih cepat maka perlu berkolaborasi diantaranya dengan OYO” tambah Budi.

Dukungan OYO untuk Program Wisata Maju

OYO ditunjuk oleh Kemenparekraf untuk mempromosikan homestay di tempat-tempat wisata. OYO juga bekerja sama dengan traveloka, pegi-pegi, agoda dan masih banyak lagi sebagai upaya promosinya. Program kerja sama ini gratis tanpa pungutan biasa, terlebih OYO memberikan support management, sales marketing, dan visual promotion.

Sebagai awalan, pembuatan homestay bisa dilakukan dengan memberdayakan rumah warga ataupun hanya menyewakan kamar rumah warga. Program ini tidak memiliki standarisasi homestay dan menjual kerifan lokal yang ada.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.