Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Festival Kopi sekaligus Grand Launching Website Visit Ciamis dan Visit Ciamis Magazine

Festival Kopi sekaligus Grand Launching Website Visit Ciamis dan Visit Ciamis Magazine

Festival Wisata Kuliner Kopi

Festival Kopi yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 27 November 2021 di Jambansari Ciamis merupakan kegiatan bertemunya para stakeholders kopi secara langsung, mulai dari pedagang, barista, pemilik kedai kopi hingga konsumen penikmat kopi baik yang ada di Ciamis maupun di luar Ciamis. Dilaksanakan juga Lomba Latte Art yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan barista dalam menyajikan kopi dan sekaligus mempromosikan kopi Ciamis. Perlombaan tersebut diikuti 48 peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Ciamis, Bandung, dan Depok.

Terdapat pameran ekonomi kreatif dari kampung angklung, bambu unik, Batik Galuh Ciamis, Sale Akang & Seroja Teteh, dan ekonomi kreatif Ciamis lainnya. Sesuai nama acara, tentunya terdapat juga pameran kopi khas Ciamis yang berasal dari berbagai daerah di Ciamis. Seperti Kopi Gunungbangka Pasir Bentang) Desa Sukamanah, Kalijaya (Banjarsari), dan Buanamekar. Pada pameran kopi, dibagikan juga kopi secara cuma-cuma alias gratis bagi para pengunjung yang hadir. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mencoba kopi susu, bisa membelinya ke stand kedai kopi dengan harga Rp. 15.000. Pameran-pameran ini bertujuan untuk mempromosikan daya tarik wisata dan ekonomi kreatif melalui festival kuliner.

Pamerarn Ekonomi Kreatif (Foto: BP2D Ciamis)

Acara diawali dengan sambutan Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis lalu dilanjutkan dengan Lomba Latte Art bersama Ciamis Daily Coffee. Setelah itu dilaksanakan talkshow dengan materi “Motivasi Pelaku Usaha Kopi” bersama narasumber dari juri-juri Lomba Latte Art. Kemudian, talkshow dilanjutkan dengan mengundang beberapa SKPD Kabupaten Ciamis untuk membahas materi “Kebijakan Pemerintah Mengenai Para Pelaku Usaha Kopi”.

Talkshow Kopi (Foto: BP2D Ciamis)

Grand Launching Website Visit Ciamis dan Visit Ciamis Magazine

Malam harinya, acara dilanjutkan dengan Final lomba latte art. Sementara acara Launching Website dan Magazine dibuka dengan rajah dan rampak kendang Daya Putra Galuh. Kampung Angklung Panyingkiran juga membawakan lagu terbaiknya dan ditengah penampilan penonton diajak ikut bermain angklung bersama dengan arahan dari konduktor.

Launching Web Visit Ciamis dan Visit Ciamis Magazine dibuka dan dhadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Ciamis dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Website Visit Ciamis merupakan website yang memuat informasi pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Ciamis. Informasi yang dimuat meliputi nama, deskripsi, alamat, contact person, fasilitas, dan foto-foto. Sedangkan Visit Ciamis Magazine merupakan majalah pariwisata Kabupaten Ciamis yang memuat informasi menarik terkait destinasi, ekonomi kreatif, dan event yang dilaksanakan di Kabupaten Ciamis.

Launching Visit Ciamis Magazine (Foto: BP2D Ciamis)

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para juara latte art dan lomba phonegraphy ekonomi kreatif oleh Bapak Wakil Bupati Ciamis. Selama acara berlangsung, tidak lupa menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan handsanitizer.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.