Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Galatani Kopi, Tempat Ngopi yang Menyuguhkan Suasana Pegunungan

Galatani Kopi, Tempat Ngopi yang Menyuguhkan Suasana Pegunungan

Ngopi merupakan salah satu kegiatan yang digemari oleh setiap kalangan dan setiap tingkatan usia. Menikmati secangkir kopi juga menjadi cara banyak orang untuk membuka pembicaraan dan mencari inspirasi.

Untuk menemukan inspirasi yang maksimal, biasanya tidak cukup hanya dengan menikmati kopinya saja. Kali ini, visitciamis.com merekomendasikan salah satu tempat ngopi yang nyaman yaitu Galatani Kopi.

Galatani Kopi adalah sebuah tempat ngopi yang terletak di suasana hutan pinus dengan balutan udara khas pegunungan. Lokasinya berada di Kecamatan Sindangkasih, tepatnya di Jl. Gunung bangka Desa Sukamanah.

Nama Galatani sendiri merupakan singkatan dari Galeri Petani Kopi. Mengapa demikan, karena tempat yang satu ini adalah wujud keberhasilan petani kopi dalam memelihari kebun sampai menjualnya di kedai yang mereka buat sendiri.

Tempat ngopi yang satu ini mulai beroprasi pada tahun 2021 tepatnya di bulan Januari setelah mendapatkan SK dari KLHK. Pengelolaan Galatani Kopi dikelola baik oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang merupakan petani kopi.

Pada awal pembentukan LMDH, masyarakat yang terlibat bersepakat untuk menanam kopi sehingga di masa panen bisa memasarkannya sendiri. Disamping memasarkan produknya, mereka juga membangun kedai kopi agar bisa menjual minuman kopi hasil kebun sendiri.

Pengelolaan kebun kopi seluas 70 Ha. disana sedikit-sedikit sudah menemui hasil. Masyarakat sudah berhasi menjual kopi dengan brand Kopi Pasir Bentang. Harga jualnya pun cukup menguntungkan yaitu Rp. 75.000 untuk Arabica dan Rp. 40.000 untuk Robusta per 200g.

Galatani Kopi merupakan tempat ngopi yang asik dan nyaman dengan konsep outdoornya di kawasan wisata alam hutan pinus.  Pengunjung akan ditemani aneka minuman kopi ataupun non kopi yang beraneka ragam. Selain itu, pengunjung juga bisa memesan nasi liwet dengan harga terjangkau.

Di Galatani, pengunjung bisa menikmati kopi sembari rekreasi. Bagaimana tidak, kedai kopi yang ada di kaki Gunung Sawal ini menyuguhkan pemandangan yang indah, apalagi menjelang malam hari dimana lampu kota mulai menyala.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas camping serta berswafoto. Meskipun baru sekitar 2 Ha. yang dikelola untuk wisata, kedepannya pihak pengelola akan terus berinovasi untuk memberikan sesuatu yang lebih terhadap pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba sensasi ngopi di Galatani Kopi bisa datang mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.