Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Galendo Makanan Khas Kabupaten Galuh Ciamis Yang Makin Modern

Galendo Makanan Khas Kabupaten Galuh Ciamis Yang Makin Modern

Kabupaten Ciamis terkenal akan daerah penghasil berbagai jenis makanan salah satu diantaranya yaitu galendo, galendo merupakan makanan khas Kabupaten Ciamis yang sudah terkenal di berbagai kota di Indonesia, karena Kabupaten Ciamis salah satu daerah penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat menjadikan awal mula terciptanya galendo, panganan yang terbuat dari saripati minyak kelapa yang kemudian mengendap pada waktu pembuatan minyak kelapa, seterusnya diolah digoreng hingga padat kecokelatan menjadi makanan yang enak dan gurih, sekarang galendo telah diolah secara higienis tradisional, dan dikembangkan dengan jauh lebih baik, dari segi kemasannya yang sudah lebih modern, rasa galendo pun sudah bermacam-macam ada yang rasa original, coklat, rasa kacang, rasa pisang dan rasa susu dan pemasarannya sudah menembus kota-kota besar.

Sejarah Galendo

Galendo sudah ada sejak masa pemerintahan Raden Adipati Aria Kusumahdiningrat atau Kangjeng Prebu, Bupati Galuh Ciamis yang memerintah pada 1839–1886. Saat itu Bupati Galuh mencanangkan program penanaman ribuan pohon kelapa sebagai upaya menyejahterakan rakyat melalui pengelolaan sumber alam yang mumpuni. Sejak saat itu mulai banyak masyarakat setempat yang memanfaatkan pohon kelapa untuk berbagai keperluan, salah satunya minyak kelapa, banyaknya pohon kelapa di wilayah ini ternyata juga memengaruhi sisa pengolahan dari minyak tersebut, hingga akhirnya mulai dibuat menjadi olahan camilan seperti galendo.

Galendo menjadi salah satu makanan khas tatar galuh ciamis yang wajib banget buat di cicipi dan dijadikan oleh-oleh, galendo enak dinikmati sebagai makanan ringan apalagi kalau disertai secangkir teh panas atau kopi pahit, bisa juga dicocolkan ke dalam gula putih. Semakin makin mudah juga di jumpai bisa di dapatkan ditoko oleh-oleh pusat kota ciamis dan di sentra-sentra galendo yang terdapat di Kabupaten Ciamis salah satunya yang bisa di kunjungi ketika berjalan-jalan ke Ciamis adalah sentra milik H. Endut yang terdapat di Jl. Kapten Harsono Sudiro, di sana terdapat galendo yang cukup terkenal dan melegenda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.