Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Jadi Tuan Rumah, Kabupaten Ciamis Siapkan 10 Jasa Penunjang Porprov XIV

Jadi Tuan Rumah, Kabupaten Ciamis Siapkan 10 Jasa Penunjang Porprov XIV

Visitciamis.com. Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat XIV yang akan digelar tahun ini merupakan kejuaraan olahraga yang ke 14 kalinya. Sebanyak 74 cabang olahraga yang dipertandingkan, nantinya akan disebar ke kabupaten atau kota yang sudah ditunjuk untuk menjadi venue.

Masing-masing cabor yang dipertandingkan telah memiliki masing-masing venue di berbagai kota atau kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Kota atau Kabupaten yang ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat untuk menjadi penyelenggara Porprov Jawa Barat XIV adalah sebagai berikut.

  1. Kabupaten Bandung Barat, 17 Cabang Olahraga
  2. Kabupaten Subang, 17 Canbang Olahraga
  3. Kabupaten Ciamis, 8 Cabang Olahraga
  4. Kabupaten Garut, 9 Cabang Olahraga
  5. Kabupaten Tasikmalaya, 2 Cabang Olahraga
  6. kabupaten Pangandaran, 5 Cabang Olahraga
  7. Kota Banjar, 2 Cabang Olahraga
  8. Kabupaten Bandung, 8 Cabang Olahraga
  9. Koni Provinsi Jawa Barat, 6 Cabang Olahraga

Dari 8 Kabupaten atau Kota plus tambahan satu venue di Koni Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Ciamis ditunjuk untuk menyelenggarakan 8 Cabang Olahraga. Selain menjadi venue pertandingan, Ciamis juga dipercaya menjadi tempat opening dan closing sekaligus.

Menjadi tuan rumah hajat besar Jawa Barat pada bidang olahraga, Kabupaten Ciamis telah mempersiapkan berbagai jasa penunjang bagi para kontingen yang akan datang dan bertanding di tatar galuh. Setidaknya, ada 10 jasa penunjang yang disiapkan yaitu sebagai berikut.

10 Jasa Penunjang Porprov XIV

1. Hotel

Hotel merupakan jasa akomodasi yang pastinya menjadi yang pertama ditanyakan setiap pengunjung, dalam hal ini adalah kontingen dari 27 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat. Setidaknya ada 10 hotel di Kabupaten Ciamis yang bakal menunjang kebutuhan kontingen untuk beristirahat.

Jenis kamar yang ditawarkan hotel-hotel yang ada di Ciamis cukup beragam. Para kontingen bisa membooking tipe kamar standard sampai vip dengan harga yang variatif.

2. Homestay

Homestay atau rumah singgah adalah pilihan lain selain hotel yang bisa memenuhi kebutuhan istirahat konsumen. Ada sekitar 60 homestay yang dipersiapkan dan dekat dengan venue berlangsungnya kejuaraan di Kabupaten Ciamis.

3. Rumah Makan dan Catering

Rumah makan dan catering merupakan aspek penting lainnya yang bakal menunjang kejuaraan. Setiap kontingen yang bertanding di Kabupaten Ciamis akan dipermudah dengan dipersiapkannya rumah makan dan catering yang layak dan memadai untuk kebutuhan makanan atlet.

4. Jajanan Khas atau Oleh-Oleh

Jajan khas atau oleh-oleh tak ketinggalan dilakukan pendataan untuk nantinya ditawarkan kepada kontingen yang datang. Disela-sela waktu istirahat pertandingan, kontingen bisa berkeliling di Kabupaten Ciamis dan mencoba makanan khas yang tersedia di setiap pusat oleh-oleh.

5. Biro Perjalanan

Biro perjalanan adalah jasa pelayanan yang di siapkan bukan hanya untuk wisata. Pada kejuaraan ini, biro travel akan diminta untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi setiap kontingen apabila kekurangan transportasi yang dibawa dari kota asalnya.

6. Rental Kendaraan

Rental kendaraan sedikit berbeda dengan biro perjalanan. Jika biro perjalanan biasanya memberikan paket lengkap seperti driver dan pemandu, rental kendaraan sifatnya hanya menyewakan kendaraan saja. Setidaknya ada 11 jasa rental kendaraan roda dua dan roda empat yang siap membantu transportasi kontingen.

7. Laundry

Laundry adalah jasa penunjang yang pasti bakal dicari setiap kontingen. Jasa laundry akan sangat dibutuhkan kontingen untuk mencuci bersih pakaian yang telah dipakai bertanding, mengingat kontingen akan tinggal dan bertanding di Ciamis sampai dua minggu lamanya.

8. Ojek Online

Ojek online juga menjadi transportasi yang bakal dicari kontingen selama kejuaraan berlangsung. Fasilitas transportasi ini terbilang praktis dan tidak perlu membutuhkan banyak gerak, tinggal buka aplikasi, menentukan titik jemput dan tujuan yang akan dikunjungi.

9.Restaurant dan Cafe

Restaurant dan cafe perannya berbeda dengan rumah makan dan catering. Disela-sela kejuaraan, para atlet bisa menenangkan diri dengan mengunjungi restaurant dan cafe yang ada di Kabupaten Ciamis. Untuk lokasinya sangat mudah ditemukan dan tersebar di pusat keramaian kota.

10. Obyek Wisata, Hiburan dan Spa

Obyek wisata, hiburan dan spa adalah jasa yang terbilang perlu dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan besar di Kabupaten Ciamis. Setiap kontingen yang akan bertanding akan diberi rekomendasi untuk menghilangkan penat dengan mengunjungi obyek wisata, hiburan bahkan spa sekalipun.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.