Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Mau Wisata Perah Susu Kambing?. Kabupaten Ciamis punya Pure Fresh Dairy Farm

Mau Wisata Perah Susu Kambing?. Kabupaten Ciamis punya Pure Fresh Dairy Farm

Pariwisata di Kabupaten Ciamis sudah memasuki masa perkembangan yang pesat, apalagi setelah muncul destinasi baru yang kian menambah ragam pariwisata yang ada. Sudah banyak terdapat destiasi sejarah, budaya, alam maupun buatan.

Selain destinasi wisata yang ditulis sebelumnya, di Ciamis juga ada beberapa wisata edukasi yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah wisata edukasi memerah susu kambing di peternakan Pure Fresh Dairy Farm.

Peternakan kambing yang satu ini sudah ada sejak tahun 2017. Awalnya hanya berterak kambing sebagai hewan peliharaan, tapi lama kelamaan menjadi peternakan kambing yang bisa menghasilkan bagi pemilik maupun pengelola Pure Fresh Dairy Farm sendiri.

Cerita awal berdirinya peternakan kambing ini memang tidak langsung menemui titik sukses seperti sekarang. Mulanya, pemilik menggerakan usahanya di bidang peternakan bebek petelur lalu dilanjutkan dengan beternak burung puyuh.

Setelah menggarap usaha ternak tersebut, pemilik Pure Fresh Dairy Farm beralih dengan membeli ternak kambing yang dikenal dengan kambing etawa. Beliau membangun kandang untuk bisa mengurus kambing yang awalnya hanya 6 ekor pada tahun 2017.

Usaha yang digeluti kian menemui titik terang. Jumlah kambing yang terus bertambah berkat perkawinan juga tambahan dengan membeli sampai akhirnya memiliki lebih dari 100 ekor kambing.

Peternakan yang bernaung dibawah PT. Puja Agrolestari ini dikelola oleh 4 orang bersaudara. Mereka bahu-membahu mengembangkan peternakan agar bisa mencapai target yang di inginkan, meskipun sekarang belum tercapai karena kambing yang diurus belum memasuki masa produktif semuanya

Pure Fresh Dairy Farm merupakan peternakan kambing semi-modern yang ada di Kabupaten Ciamis, lokasinya ada di Jl. rancawiru, Petirhilir, Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Disana, kambing ditempatkan di kandang yang nyaman, tidak terlalu berbau kotoran menyengat dan tentunya suasana kandang yang asri.

Sedikit unik jika berkunjung kesana, karena kita akan disuguhkan suasana kandang yang berbeda dengan kandang pada umumnya. Bagaimana tidak, kandang dibuat lebih tinggi dari dasar sebagai alasan untuk mempermudah pembersihan kotoran kambing itu sendiri.

Kambing yang di pelihara disana ada 4 jenis, yaitu jenis kambing sapera yang merupakan silangan kambing sanen dengan kambing lokal, lalu kambing sanen yang berasal dari swiss, aglo yang merupakan persilangan kambing inggris dengan afrika dan jenis kambing lokal jawarandu.

Manager kandang Pure Fresh Dairy Farm, Jaki mengatakan, kambing yang ada memang diperuntukan sebagai kambing penghasil susu murni yang kaya akan manfaat.

“Kambing yang ada di sini merupakan kambing penghasil susu murni dengan berbagai output dari susu bisa diolah” ujarnya.

Rataan hasil pemerahan susu perhari yaitu 30 liter sampai 50 liter. Ini disebabkan karena masa produktif kambing yang ada di peternakan belum semuanya mengasilkan susu. Masa paling produktif kambing untuk menghasilkan susu adalah ketika kambing tersebut telah melahirkan.

Jaki berujar jika jumlah kambing di kandang ada 100 ekor, maka susu yang dihasilkan setidaknya harus mencapai 100 liter.

“Susu kambing yang dihasilkan saat ini berkisar 30 sampai 50 liter perhari karena belum semua kambingya dalam masa produktif. Harusnya dengan jumlah kambing yang ada di kandang bisa mencapai 100 liter perhari” sambungnya.

Kambing memiliki siklus produktif menghasilkan susu murni setiap harinya yaitu maksimal 12 jam. Namun di peternakan Pure Fresh Dairy Farm kambing biasa diperah susunya dua kali sehari pada jam 5 pagi dan jam 4 sore.

Pemerahan susu di peternakan ini menggunakan dua metode. Susu diperah manual di pagi hari dilanjutkan menggunakan mesin untuk pemerahan susu pada waktu sore hari.

Peternakan Pure Fresh Dairy Farm sudah bisa menjual hasil produksi susunya dengan kemasan botol kecil yang dibandrol Rp. 10.000 per botol dan juga dijual per liter dengan harga Rp. 30.000 per liter. Bahkan, peternakan ini sudah menjadi supplier pabrik besar untuk produksi susu bubuk.

Selain itu, peternakan ini sudah memiliki kantor pemasaran produk dari susu yang dihasilkan. Salah satu produk yang dijual yaitu sabun kecantikan dari susu kambing murni yang dijual di Puja Resources.

Sebagai tempat wisata edukasi, peternakan kambing ini sudah biasa melayani pengunjung dengan baik. Peternakan biasanya menerima kunjungan dari anak-anak TK dan SD, tapi sering juga dikunjungi oleh wisatawan pada umumnya.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 15.000 per orangnya untuk bisa melakukan aktifitas wisata edukasi di Pure Fresh Dairy Farm. Dengan uang yang dibayarkan, pengunjung dikasih satu botol susu dengan rasa sesuai permintaan. Sealin itu pengunjung juga diajak farm tour, memberi pakan serta aktifitas utama yaitu belajar memerah susu kambing.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.