Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Pangdam III Siliwangi Laksankan Ziarah Ke Karangkamulyan, Ini Alasannya!

Pangdam III Siliwangi Laksankan Ziarah Ke Karangkamulyan, Ini Alasannya!

Pangdam III Siliwangi, Jenderal Kunto Arief Wibowo mengunjungi Obyek Wisata Cagar Budaya Karangkamulyan yang ada di Ciamis pada (20/04/2022). Diketahui beliau melakukan kunjungan untuk berziyarah.

Kunjungan yang dilakukan Pangdam III Siliwangi ini merupakan kegiatan rutin satuan yang biasa dilakukan. Hal ini merupakan bentuk partisipasi Kodam terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Ciamis, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, keluarga para raja, keluarga kabuyutan, dan kasepuhan.

Acara diawali dengan penyambutan oleh tarian tradisional juga pengalungan bunga oleh Wakil Bupati Ciamis sebagai tanda selamat datang yang dilanjutkan dengan tawasul di Situs Pangcalikan.

Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo (Kanan) Saat disambut oleh Wakil Bupati serta Keluarga Kerajaan Galuh.

Acara kunjungan Pangdam III Siliwangi mendapat apresiasi dari jajaran pemerintahan yang hadir. Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra menyebut kunjungan ini sebagai bentuk penghormatan Kodam terhadap perjuangan serta keberadaan Kerajaan Galuh.

“Kerajaan Galuh berdiri pada tahun 612 M. dan Situs Karangkamulyan merupakan tempat dimana pertama kali menjadi Ibu Kota Galuh. Kami mengapresiasi kedatangan Pak Pangdam ke sini dan kami doakan semoga selalu diberi kesehatan serta dapat terus membantu pembangunan Ciamis” Ujar Yana.

Kegiatan Ziyarah Sebagai Bentuk Penghormatan

Mayor Jenderal Kunto mengatakan kegiatan ziyarah ini didasari oleh kekerabatan orang tua yang merupakan keturunan Sunda Galuh. Keterkaitan beliau dengan keluarga sunda disadari sebagai amanah dalam memperingati jasa pahlawan terdahulu.

Dalam sambutannya, Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu upaya dalam menghormati jasa pahlawan galuh. Beliau juga menambahkan bahwa seharusnya kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret saat peringatan Mieling Ngadegna Galuh 1410 H.

Tujuan kedatanganya tersebut selain untuk bersilaturahmi juga napak tilas kepada para leluhur. Ia berharap nilai-nilai baik Kerajaan Galuh dapat diterapkan pada kehidupan saat ini. Beliau bersama keluarga melakukan nyekar di Situs Pangcalikan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang biasa dilakukan satuan kodim. Saya sangat terkesan dengan tempat ini. Kami dari kodam akan ikut mensupport kemajuan Kab. Ciamis karena tanah ini sangat layak untuk pertumbuhan ekonomi.” Ujar Kunto saat melakukan kunjungan ke Karangkamulyan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.