Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Puncak Puspa, Destinasi Wisata Minat Khusus Dengan View Aduhai

Puncak Puspa, Destinasi Wisata Minat Khusus Dengan View Aduhai

visitciamis.com. Pegunungan adalah salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Ciamis. Masyarakat diberkahi dengan adanya gunung yang tentunya memberikan sumber penghidupan. Tak hanya itu, pegunungan di kota ini membentuk landscape yang cantik.

Sejatinya, Kabupaten Ciamis memiki pegunungan yang membentang di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Panjalu, Cipaku, Kawali, Cikoneng, Sadanaya, Sindangkasih, Cihaurbeuti dan Panumbangan. Namanya adalah Gunung Sawal yang telah menjadi suaka marga satwa sejak tahun 1979. Titik tertinggi dari Gunung Sawal memiliki ketinggian 1.764 mdpl.

Kekayaan alam yang dimiliki Gunung Sawal telah menawarkan banyak potensi wisata. Satu aktivitas wisata yang bisa dinikmati adalah wisata minat khusus. Hal ini menawarkan tantangan untuk sebagian orang yang ingin tahu, karena harus dengan persiapan yang matang dan perizinan tentunya.

Diantara banyaknya wisata minat khusus yang ditawarkan Gunung Sawal, salah satunya adalah Puncak Puspa yang terletak di Desa Medanglayang, Kec. Panumbangan. Visitciamis.com akan mengulas mengenai Puncak Puspa sebagai berikut.

Mengenal Puncak Puspa

Puncak Puspa adalah mahakarya alam di kaki Gunug Sawal yang saat ini bisa dinikmati oleh siapa saja.Puspa lahir dari keinginan masyarakat memiliki akses jalan yang mudah dilalui saat akan melakukan aktivitas bertani kopi dan berkebun.

Asal-usul nama puspa sendiri diambil dari banyaknya pohon puspa yang tumbuh disekitar tempat mendirikan tenda. Namun jumlahnya kian menurun akibat tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Terlepas dari itu, puspa tetap dijadikan nama dari puncak yang memiliki ketinggian 1004 mdpl ini. Hingga saat ini masih ada pohon puspa yang tumbuh dan menjadi yang paling besar. Pohon ini juga menjadi icon dari Puncak Puspa.

Daya Tarik Puncak Puspa

Tempat Camping

Apalagi yang dicari pendaki jika mendaki sebuah gunung?. Selain menikmati suasana alam, pendaki biasanya menginginkan camping ditempat yang aman dan nyaman meskipun seringkali cuaca di gunung tidak bisa di prediksi.

Puspa menawarkan tempat camping yang akan memanjakan para pendaki karena sudah tertata dengan baik dan tempatnya bersih, sehingga akan memberikan rasa aman dan nyaman.

View Perkotaan cantik

Identiknya gunung yang memiliki pucak di ketinggian tertentu, tentunya menyuguhkan pemandangan yang indah, baik itu lautan awan, landscape kota dan gemerlap lampu kota dikejauhan.

Puspa juga bakal memberikan itu semua, apalagi cahaya lampu kota dimalam hari yang cantik dan memberikan kesan tak terlupakan.

Banyak Spot Foto

Kebanyakan pendaki saat melakukan pendakian gunung mereka akan secara sadar membuat dokumentasi baik foto maupun video.

Di gunung, banyak sekali spot foto yang menarik dan memberikan rasa penasaran apabila tidak mengabadikan moment di spot tersebut.

Seperti halnya di puspa yang sudah memiliki view cantik, pengelola juga membangun spot-spot foto dari bambu yang akan menambah estetika dokumentasi.

Rute Menuju Puncak Puspa

Puncak Puspa bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat sampai pos registrasi. Medan yang ditempuh cukup menyulitkan karena diharuskan untuk menggilas jalan yang terus menanjak dengan lebar yang pas-pasan.

Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Ciamis ke wisata Puncak Puspa adalah sekitar 32 KM., dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Jalur Pendakian

Pendakian menuju Puncak Puspa terbilang mudah karena jalurnya sudah bagus dan nyaris tidak menginjak tanah. Awal pendakian akan melewati jalan rabat beton dengan trek terus menanjak. Terdapat beberapa rest area untuk sekedar istirahat dan meminum air.

Setelah melewat rabat beton, trek akan beralih menjadi rabat batu yang tersusun rapi. Disekitar trek ini mulai terlihat perkebunan kopi dan hutan pinus serta view perkotaan dikejauhan. Setelah melewati rabat batu itu tandanya sebentar lagi tiba di puncak.

Sebetulnya ada jalur Pinus datar, namun untuk melewatinya harus lebih waspada mengingat medan tanah yang kecil dan licin. Waktu tempuh menuju tempat mendirikan tenda di Pucak Puspa adalah sekitar 45 menit sampai 1 Jam perjalanan, tergantung kecepatan langkah dan seberapa seringnya istirahat.

Harga Tiket Masuk Puncak Puspa

  • Tiket masuk Puncak Puspa adalah Rp. 15.000 per orang dengan rincian Rp. 10.000 tiket masuk dan Rp. 5.000 untuk asuransi
  • Harga sewa tenda di Puncak Puspa Rp. 20.000 per malam.

Fasilitas Di Puncak Puspa

  • Area parkir,
  • Toilet di area camp,
  • Mushola di area camp,
  • Warung di area camp.
  • Ojek

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.