Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Ridwan Kamil Resmikan Situ Wangi di Ciamis Jawa Barat

Ridwan Kamil Resmikan Situ Wangi di Ciamis Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Situ Wangi secara langsung Pada Hari Sabtu (19/02/2022) didampingi oleh Ibu Atalia Praratya. Acara peresmian juga dihadiri oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati Ciamis beserta jajaran Forkopimda.

Acara berlangsung meriah, diawali oleh penyambutan kesenian khas Ciamis yaitu Gondang, Bebegig Sukamantri dan Mengleng. Selanjutnya dilakukan prosesi ritus Ngarumat Cai.

Pertunjukan seni dalam prosesi penyambutan Gubernur Jawa Barat, Foto : Dinas Pariwisata Kab. Ciamis

Proyek revitalisasi Situ Wangi merupakan janji politik Ridwan Kamil kepada masyarakat Kabupaten Ciamis saat kampanye pemilihan gubernur dan sekarang bisa terwujud berkat bantuan Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat..

“Di tempat istimewa ini, saya pernah datang saat awal pilgub. Aspirasi dari warga Ciamis saya dengarkan. Hari ini bukti itu bisa dilihat,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pak Gubernur menyampaikan bahwa beliau memiliki misi untuk mewujudkan satu kota dengan satu destinasi baru.

Objek wisata Situ Wangi ini menjadi yang dipilih untuk proyek revitalisasi dan diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi ekraf pada kegiatan peresmian Situ Wangi, Foto : Dinas Pariwisata Kab. Ciamis

“Saya sangat menikmati suasana di Situ Wangi, alamnya sangat indah begitupula dengan suasananya yang sejuk. Saya pasti akan kembali lagi kesini”, tambahnya saat memberikan sambutan.

Sedikitnya ada sembilan fasilitas baru di kawasan tersebut. Fasilitas yang sudah dibangun tahun 2021 dengan anggaran dari Pemprov Jabar sebesar Rp. 11 Milyar.

Revitalisasi Situ Wangi meliputi masjid, perahu, floating market, restoran, lokasi kegiatan kesnian atau bazar, wedding garden dan ada jembatan di atas air hingga gardu pandang yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Ridwan Kamil juga berujar akan memberikan fasilitas wahana wisata air berbentuk perahu yang bisa mengangkut banyak orang demi memberikan kesan yang menyenangkan.

“Situ Lengkong bisa dinikmati dengan menggunakan kayak, tapi nanti saya akan buatkan desain perahu yang unik agar bisa memfasilitasi semua kalangan, terutama ibu-ibu”, tandasnya.

Gubernur Jawa Barat juga berkesempatan melngelilingi Situ Wangi menggunakan perahu karet mesin didampingi Bupati Ciamis dan menyapa pengunjung yang datang.

Gubernur Jawa Barat didampingi Bupati Ciamis saat mengelilingi Situ Wangi, Foto : Dinas Pariwisata Kab. Ciamis

Selain pembukaan resmi, rangkaian acara juga dimeriahkan oleh Eksibisi Canoing, Kancra Kayaking dam Eksibisi Tinju Amatir. Terdapat juga pameran olahan makanan khas masyarakat Ciamis yangnikut serta hadir dan meramaikan acara peresmian.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.