Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Situs Batu Panjang, Bukti Peninggalan Masa Megalitikum di Kabupaten Ciamis

Situs Batu Panjang, Bukti Peninggalan Masa Megalitikum di Kabupaten Ciamis

Megalitikum atau dikenal dengan zaman batu besar merupakan masa dimana manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan. Kebudayaan ini berkembang dari zaman Neolitikum sampai zaman Perunggu.

Pada zaman ini manusia sudah mengenal kepercayaan dan budaya pemujaan terhadap roh leluhur. Bukti-bukti peninggalan megalitikum banyak terdapat di Indonesia. Adalah kubur batu, menhir, dolmen, sarkofagus, waruga, punden berundak dan arca batu.

Kabupaten Ciamis ternyata memiliki bukti peninggalan zaman megalitikum yaitu seperti terdapat di Situs Batu Panjang. Situs budaya ini terletak di wilayah Dusun Cimara Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis.  

Sumber : Youtube BP2D Ciamis

Situs Batu Panjang termasuk kabuyutan yang letakannya berada paling utara di Kabupaten Ciamis karena berada di perbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Untuk lokasinya sendiri berada di kawasan hutan pinus gunung Madati wilayah Jahim yang dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis.

Keberadaan situs ini sejatinya sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat sekitar. Ditempat tersebut terdapat ratusan batu berbentuk memanjang, persegi, lonjong dan pipih dengan posisi beragam. Banyak diantaranya yang menyilang hingga tergeletak berserakan.

Batu-batuan yang dikeramatkan memiliki bentuk dan ketinggian yang beragam. Ki Idi Sahidin menuturkan bahwa wilayah sakralnya memiliki ciri khusus berupa batu yang berdiri tegak. Batu tersebut memiliki tinggi 1,7 meter yang dikelilingi batu-batu panjang lainnya dengan posisi rebah maupun berdiri dengan psosisi lebih rendah.

Ada juga batu yang dindingnya berbentuk cekung-cekung kecil berjumlah 5 buah yang dianggap masyarakat setempat merupakan jejak kaki maung atau Batu Tapak Maung. Batu ini tingginya sekitar 80 cm dan berdiameter 50cm.

Situs Batu Panjang merupakan tempat yang sangat unik dan penuh misteri karena tak ada yang tau secara pasti mengenai sejarah tempatnya namun Situs Batu Panjang ini merupakan peninggalan zaman pra sejarah atau pada zaman megalitikum. Berada di tanjakan Jahim Sukamantri, tepatnya di area hutan pinus milik Perhutani yang sangat sejuk cocok untuk melepas penat.

Ragam jenis dan bentuk batu dengan posisi yang berbeda-beda di Situs Batu Panjang, merupakan ciri penting peninggalan budaya dari masa megalitikum. Selebihnya merupakan bukti kebudayaan yang kekayaan dari Kabupaten Ciamis dan perlu dilestarikan.

Sumber : Perhutani Batu Panjang, Situs Budaya Perhutani Ciamis Peninggalan Peradaban Purba – Perhutani

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.