Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Tradisi Nyuguh Warga Kampung Adat Kuta

Tradisi Nyuguh Warga Kampung Adat Kuta

visitciamis.com. Warga Kampung Kuta menggelar tradisi Nyuguh di Kampung Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Ciamis (Kamis, 22/09/2022). Ciri khas dari kampung ini adalah bahan dan bentuk bangunan rumah penduduknya yang sama serta adat istiadatnya yang masih kental.

Nyuguh yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini merupakan salah satu adat tradisi turun temurun. Nyuguh bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas rezeki yang telah diberikan dari hasil bumi.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pagelaran seni dogdog, rengkong, dan gondang yang merupakan kesenian asli Kampung Kuta. Pagelaran seni pun diikuti oleh seluruh tamu yang hadir. Tidak hanya itu, warga juga menyediakan makanan untuk disantap bersama.

Dalam sambutannya sekaligus membuka tradisi Nyuguh, Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra mengatakan bahwa terdapat banyak tradisi tahunan yang digelar di Ciamis. Tradis-tradisi ini merupakan warisan dari nenek moyang yang harus dikenalkan dan terus dilestarikan oleh kita semua.

Puncak dari rangkaian tradisi ini adalah mengarak dongdang yang berisi aneka makanan khas di sekitar kampung. Dongdang tersebut diarak bersama-sama kemudian diakhiri oleh doa dan makan bersama.

Selain itu, terdapat juga stand-stand dari ekonomi kreatif bidang kuliner seperti stand komoditas kopi, aren, singkong, dan masih banyak lagi. Terdapat juga stand ekonomi kreatif produk kerajinan khas Ciamis seperti tas kamoeti dan beberapa koleksi kepribadian masyarakat jaman kolonial.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.